Jelang Hari Raya Natal, Disperindag NTT Gelar Pasar Murah

Kupang, sc - Jelang hari Raya Natal 25 Desember 2016 dan Tahun Baru 1 Januari 2017, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar  pasar murah.

Operasi pasar murah itu digelar dibeberapa titik kelurahan dalam wilayah Kota Kupang telah berlangsung sejak tanggal 3 hingga 14 Desember dengan mengambil tempat di  halaman gereja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Timur Simon Tokan mengatakan, pasar murah yang digelar pemerintah bertujuan untuk membantu masyarakat guna mendapatkan kebutuhan bahan pokok yang sedikit mengalami kenaikan harga disaat menjelang hari raya.

"Diharapkan dengan digelarnya pasar murah ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk mendapatkan sembilan bahan pokok," katanya.

Menurut Tokan, bagi warga yang ingin membeli kebutuhan pokok seperti gula, minyak goreng, beras atau telur, warga bisa langsung mendatangi tempat digelarnya operasi pasar di wilayah tempat tinggal dengan menunjukan kupon.

"Harga berbagai jenis kebutuhan pokok yang disediakan pemerintah melalui operasi pasar sedikit lebih murah dibanding dengan harga yang dijual di pasar maupun toko," jelas Tokan.

Untuk hari Kamis 8 Desember 2016, pasar murah digelar di halaman gereja Paroki Santu Yoseph Naikoten Dua.

Menurut pengakuan salah seorang warga Kelurahan Naikoten Dua, ibu Mina, dirinya telah menunggu sejak pagi agar bisa mendapatkan berbagai kebutuhan dengan harga yang lebih murah.

Untuk minyak goreng ukuran dua liter, dirinya hanya mengeluarkan uang sejumlah Rp 18.000. Harga tersebut katanya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang dijual si pasar tradisional.

Selain ibu Mina, salah seorang warga lainnya juga mengaku sangat terbantu dengan digelarnya operasi pasar murah oleh pemerintah.

"Kami sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang digelar pemerintah. Kalau bisa pemerintah sering-sering melakukan pasar murah agar kami bisa menghemat uang belanja," ungkap kedua warga tersebut. 

Kepala seksi bina pasar dan distribusi Nickanor Tuaty mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah membantu masyarakat dan mendekatkan pelayanan. 

"Kegiatan ini merupakan program dinas disperindag untuk membantu masyarakat dalam hal menghadapi hari harga bahan baku sembako pada hari raya. Bahan - bahan yang dijualkan pada pasar murah ini adalah gula, beras, mentega, telur, dan bahan-bahan lainnya untuk persiapan menjelang hari raya. Untuk kupon yang dibicarakan oleh masyarakat itu sudah disebarluaskan melalui kelurahan-kelurahan yang ada hanya bagi mereka yang  terdaftar sebagai keluarga tidak mampu, sedangkan bagi masyarakat yang tidak mendapatkan kupon tetap boleh berbelanja dengan harga distributor".

"Diadakan kegiatan ini diharapakan masyarakat dengan ekonomi lemah dapat terbantu dengan adanya program ini, dan hingga saat ini program ini direspon positif dan mendapat tanggapan balik yang sangat baik dari masyarakat". Jelas Tuaty(Lia)
 
Share on Google Plus

About Roventy Manukoa