Pemkab TTU Akan Bangun Patung Kristus Raja Tertinggi di Dunia

Kefamenanu, SC - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara menurut rencana akan membangun taman doa terbesar lengkap dengan patung Kristus Raja tertinggi di dunia.

Taman doa yang dilengkapi patung Kristus Raja setinggi 58 meter itu akan dibangun diatas bukit Neonbat seluas tiga hektar are yang terletak di kelurahan Maubeli, kecamatan Kota Kefamenanu.

Menurut rencana pembangunan taman doa sekaligus patung Kristus Raja tersebut akan menelan dana sebesar Rp 54 Miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara yang pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap.

Menurut Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Fernandes, pembangunan taman doa beserta patung Kristus Raja itu nantinya bukan saja diperuntukan sebagai tempat wisata religi umat Kristiani, tetapi dapat dimanfaatkan juga sebagai tempat wisata umat lain dalam mengisi hari libur.

"Pembangunan taman doa dan Patung Kristus Raja tertinggi di dunia ini merupakan proyek multi years yang pembangunannya dilakukan secara bertahap," ungkap Ray Fernandes di Kefamenanu, Kamis (8/12).

Untuk itu kepada masyarakat Timor Tengah Utara, bupati dua periode ini mengharapkan adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat sehingga pembangunan taman doa dan patung Kristus Raja yang telah direncanakan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Selain itu kepada masyarakat yang memiliki lahan disekitar lokasi perencanaan, pemerintah menghimbau agar tidak menjual tanah milik warga karena dipastikan kedepan warga pemilik lahan akan mendapatkan keuntungan apabila taman doa tersebut telah selesai dibangun.

"Lahan milik warga kedepan bisa dijadikan sebagai lahan parkir dengan sistem bagi hasil dengan pemerintah atau dapat dibangun rumah makan atau tempat-tempat peristrahatan berupa lopo yang disewakan kepada pengunjung," katanya.

Sementara itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat melalui ketua DPRD, Frengky Saunoah menyatakan mendukung rencana pembangunan tersebut.

"Dukungan Dewan telah dibuktikan dengan dialokasikannya sejumlah dana dalam tahun anggaran 2016 ini yang diperuntukan bagi perencanaan. Sedangkan untuk tahun anggaran 2017 mendatang, DPRD TTU telah menetapkan anggaran sebesar 10 Milliar Rupiah sebagai tahap awal pelaksanaan pekerjaan," ungkap Saunoah.

Dewan katanya pada tahun anggaran berikut akan mengalokasikan lagi sejumlah dana mengingat proyek pembangunan taman doa beserta patung Kristus Raja merupakan proyek multi years yang menelan dana lebih dari Rp 54 Miliar. (Lia)
 
Share on Google Plus

About Roventy Manukoa